3/04/2016

Cara Memasang Kode Google Adsense di Tengah Artikel Blogspot

Munculnya baner iklan di tengah artikel bisa dilakukan secara manual. Namun harus diatur sedemikian rupa agar iklan tersebut tidak semrawut yang bisa mengganggu kenyamanan pengunjung. Oleh karena itu letaknya dipilih misalnya sebagai pembatas antara paragraf yang satu dengan yang lainnya. Sementara yang satu lagi tempatkan menjelang paragraf akhir dari postingan.


Iklan yang saya letakkan di tengah postingan selalu berbentuk baner tipis. Dulu saya pernah memasang iklan berbentuk rectangle atau square. Setelah saya perhatikan ternyata dua jenis iklan ini cukup besar sehingga memakan tempat. Kini saya lebih suka memasang baner berukuran width:320px;height:100px atau yang ukuran width:468px;height:60px. Kadang saya pilih baner berformat auto sehingga menyesuaikan dengan kebutuhan.


Pemasangan baner saya lakukan secara manual agar bisa memilih tempat pemasangan yang pas. Cara ini dilakukan post per post artinya setiap menulis draft artikel baru saya pasang iklannya. Ini juga berbeda dengan penempatan kode iklan melalui menu Editor dengan mengedit template (misalnya mengedit single phpnya) Melalui editor template memang cukup sekali untuk seluruh postingan namun kurang bisa memilih tempat yang sip.
Jika sahabat ingin memasang kode iklan di tengah postingan secara manual silakan mengikuti langkah berikut ini.
1. Siapkan kode iklan yang akan dipasang. Sebaiknya iklan berbentuk baner tipis-memanjang. Ini dia contoh dua kode iklan berbentuk baner milik saya.
.
Baner iklan ukuran width 468px, height 60px
.

Baner iklan berformat auto

.
.
2. Buat draft postingan sampai selesai.
3. Ubah draft dari mode Compose ke mode HTML dengan klik tombol HTML yang ada di bagian kiri atas. Lihat gambar peraga di bawah ini.
.
.
.
Ubah artikel dari mode Compose ke mode HTML
.
.
Artikel sudah berubah menjadi HTML
.
4. Pilih tempat di mana kode iklan akan dipasang. Misalnya: di bawah paragraf pertama atau kedua, dan menjelang paragraf terakhir dari postingan.

5. Copy kode-kode iklan yang sudah disiapkan lalu paste di tempat yang sudah direncanakan. 
.

Kode iklan dipasang di bawah paragraf pertama atau kedua
.
.
Kode iklan kedua bisa dipasang menjelang paragraf akhir artikel
.
6. Setelah artikel dilengkapi dengan Label periksa ulang guna mengetahui kemungkinan ada salah ketik, salah data, salah eja, dan lain sebagainya. Setelah semuanya rapi jali silakan tekan tombol Publish atau Terbitkan.
.

Itulah cara memasang kode iklan di tengah artikel. Semakin sering kita melakukannya maka kita akan semakin trampil memasang kode iklan di mana saja yang sahabat inginkan. Yang harus diingat adalah dalam setiap halaman hanya diijinkan memasang satu jenis model iklan Google Adsense sebanyak 3 buah. Itulah sebabnya saya hanya memasang dua buah iklan di tengah postingan karena sayu iklan saya tempatkan di sidebar. Jika kita memasang 4 kode iklan sejenis maka yang satu pasti tidak akan muncul.

4 comments:

  1. Pakde, sebelumnya saya ucapkan terimakasih telah bikin artikel ini.. Sangat membantu dan mudah dipahami serta mudah dipraktekkan.. Tutorialnya sdh saya praktekkan sesuai petunjuk di atas.. Namun adsense-nya belum muncul/tampil.. Barangkali masih dipelajarti dulu ya Pakde dari adsesnse-nya sana..

    ReplyDelete
  2. Tararengkyuuu pakde, artikelnya cihuy!

    ReplyDelete
  3. Saya masih belum punya adsense tetapi ini informasi penting dan sementara saya simpan dahulu nanti saya praktikan, Terima kasih banyak pakde.

    ReplyDelete
  4. Wah... Pakde, adsense-ku kayaknya ditolak tuh.. ada pemberitahuan melalui email.. Kudu gimana kelanjutannya Pakde? Apa aku mesti bikin akun adsense yang baru ya?

    ReplyDelete

Komentar sahabat sangat saya hargai dan bisa menambah semangat saya untuk berbagi hal-hal yang bermanfaat.
Salam hangat dari Surabaya